banner here

Jika Terjadi Perang, Ini Perbandingan Kekuatan Militer China dengan Indonesia..

advertise here

Simantab. com - DPR berang dengan tingkah kapal penjaga pantai China di perairan Natuna, beberapa hari lantas. Tingkah kapal itu dikira sebagai tanda ajakan perang dari negara Tirai Bambu itu pada Indonesia.


Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah kepada wartawan, seperti ditulis Sindo menegaskan, tingkah kapal China itu mesti dijawab Pemerintah Indonesia dengan perang. " Bila ada pasukan bersenjata dari negara lain datang ke teritori kita, itu namanya perang, " tegas Fahri.

Dalam kapasitasnya sebagai Wakil Ketua DPR, Fahri mengatakan, kurun waktu dekat bakal meminta penjelasan dari pemerintah tentang masalah kapal China di Natuna. " Itu harusnya dilawan pakai perang juga, gitu langkah berpikirnya. Protesnya mesti perang itu, " ucapnya.


Pada operasi akhir pekan lantas, KP Hiu 11 punya Kementerian Kelautan serta Perikanan menangkap kapal pelaku penangkapan ikan ilegal asal China, KM Kway Fey 10078, di perairan Natuna, Sabtu 19 Maret 2016. Sistem penangkapan itu tak jalan mulus, karena satu kapal coast guard China dengan cara berniat menabrak KM Kway Fey 10078.

Tak Ada yang Berani

Bila bagi kebanyakan orang, ‘ulah’ pihak berwenang China di Kepulauan Natuna itu disimpulkan sebagai ajakan perang, tak demikian untuk Jenderal (purn) Ryamizard Ryacud. Ia bahkan menilai, tak ada satupun negara di muka bumi ini yang siap berperang dengan Indonesia, termasuk China.

Meski memiliki penilaian tidak sama, Ryamizard dalam kemampuannya sebagai Menteri Pertahanan RI menyatakan, pihaknya tetaplah mempersiapkan kiat, manfaat menghadapi segala peluang yang terjadi. Satu diantaranya adalah menguatkan kiat pertahanan perang Indonesia dengan mempersiapkan bala tentara tersebut rakyatnya melalui bela negara.

Maksudnya yaitu supaya negara lain memikirkan lebih jauh untuk melakukan tindakan dengan Indonesia. " Kita miliki 100 juta rakyat, ada yang berani menyerang 100 juta? Tak berani, " ujarnya menegaskan.

Perbandingan

Memanasnya jalinan RI-China sebenarnya berawal saat negara berpenduduk kian lebih satu miliar jiwa itu mengklaim kepemilikan Kepulauan Natuna yang dikira masuk lokasi teritori mereka di Laut China Selatan. Bahkan, pemerintah China sudah memasukkan Natuna ke dalam peta paling baru mereka.

Ulah China itu mengundang reaksi keras dari pemerintah Indonesia, yang saat itu menyiagakan armada tempur militer di di lokasi Natuna.

Bicara peluang terburuk yaitu perang melawan China, dalam soal jumlah personel ataupun alutsista Indonesia mungkin saja kalah jauh. Tetapi, dengan
skill yang dipunyainya TNI terang lebih sangar dengan segudang prestasi yang sudah ditorehkannya. Bahkan juga, kemampuan militer Indonesia mulai diperhitungkan dunia internasional. Berikut, sebagian perbandingannya, yang disarikan dari beragam sumber. (Sn-08/dari berbagai sumber)



INDONESIA

Pasukan aktif 438. 410 personel

Pasukan cadangan 400. 000 personel



Kekuatan Darat

Tank lapis baja 400 unit

Kendaraan tempur lapis baja 506 unit

Artileri jarak jauh 62 unit

Peluncur roket 50 unit

Mortir 3. 350 unit

Senjata antitank 11. 000 unit

Kendaraan angkut logistik 11. 100 unit



Kekuatan Laut

Kapal perang 150 unit

Kapal selam 2 unit

Kapal angkut personel 26 unit

Kapal kelas korvet 23 unit

Kapal kelas frigat 6 unit

Amerika Serikat : 24 unit

Kapal Patroli 70 unit



Kekuatan Udara

Pesawat tempur 118 unit, dengan rincian :

50 unit pesawat tempur sergap
68 pesawat tempur taktis
Pesawat pengangkut 187 unit
Helikopter tempur 153 unit


Biaya Pertahanan

Indonesia : USD5. 220. 000. 000.



CHINA

Pasukan aktif sebanyak 2, 3 juta personel

Pasukan cadangan 1, 2 personel



Kekuatan Darat

Tank 9. 150 unit. Dengan rincian :

950 unit main battle tanks
200 unit tank ringan
Kendaraan tempur (ranpur) lapis baja 4. 788 unit. Dengan rincian ;

Ranpur infanteri 1. 490 unit
dan ranpur angkut personel 3. 298 unit).
Kenderaan Artileri 6. 246 unit. Dengan rincian :

Kenderaan artileri mobile 1. 710 unit
Kenderaan artileri dengan peluncur roket 1. 770 unit
Kenderaan rudal pertahanan hawa 1. 531 unit.


Kekuatan Laut

China mempunyai kapal induk kelas Kuznetsov bernama Liaoning buatan Rusia. Kapal ini dapat mengangkut 30-40 unit jet tempur yang telah beroperasi mulai sejak th. 2012 lalu.

Kapal tempur frigat 47 unit

Kapal perusak (destroyer) 25 unit

Kapal korvet 23 unit

Kapal selam 10 unit.



Kekuatan Udara

Jet tempur 2. 860 unit yang terdiri atas type Sukhoi buatan Rusia serta jet tempur Shenyang pabrikan lokal

Helikopter tempur 196 unit

Helikopter angkut personel 908 unit

Sejumlah pesawat siluman yang selalu dikembangkan, satu diantaranya Shenyang J-31 yang kekuatannya setara dengan Lockheed Martin F-35 Lightning II.



Anggaran Pertahanan

Biaya pertahanan China terdaftar meraih USD145 miliar. Angka fantastis itu menempatkan China dengan biaya militer paling besar ke-2 sesudah negeri Paman Sam, Amerika Serikat (AS).

Sumber ; http://www.resep-sehat12345.com/2016/03/jika-terjadi-perang-ini-perbandingan.html
Advertisement advertise here
 

Start typing and press Enter to search